Google+ Followers

Rabu, 06 Februari 2013

Bab 1 Mendemonstrasikan akses Internet sesuai prosedur

Bab 1 Mendemonstrasikan akses Internet sesuai prosedur

MENDEMONSTRASIKAN AKSES INTERNET SESUAI PROSEDUR (Endang Marto Fanie, ST)
A. PENGENALAN BROWSING
Kegiatan menjelajahi internet sering disebut dengan istilah browsing.
Informasi di internet biasanya diletakkan pada berbagai halaman web yang menggunakan teknologi HTML yang berupa kode-kode yang dapat dibaca oleh komputer yang dilengkapi program browser.
Banyak browser yang dapat digunakan untuk membaca HTML namun yang paling umum digunakan adalah Netscape Navigator dan Internet Explorer.
Internet Explorer adalah browser yang disertakan dengan sistem operasi windows, maka ketika menginstalasi windows, internet explorer terinstalkan.
B. MENJALANKAN INTERNET EXPLORER
Menjalankan internet explorer melalui dua cara, yaitu:
1. Cari ikon internet explorer melalui menu start
2. Cari ikon internet explorer di desktop.


Langkah-langkah untuk menjalankan internet explorer dari
menu start adalah sebagai berikut :
Klik menu start
Pilihlah program

Perhatikan Tampilan Layar Monitor Berikut :
Cari ikon internet explorer, kemudian di klik.

C. KOMPONEN-KOMPONEN BROWSER
1. Title Bar
Title bar atau bar judul terdapat pada bagian paling atas jendela internet explorer.

2 Menu Bar
Istilah menu sudah tidak asing lagi yaitu daftar berbagai fungsi atau fasilitas yang disediakan. Di dalam jendela intenet explorer, daftar menu ditempatkan pada menu bar. Masing-masing menu memiliki fungsi yang berbeda seperti File, Edit, View, Favoriets, Tools, dan Help.
Bagaimana mengatifkan fungsi-fungsi tersebut? Dengan sederhana kalian tunjuk ikon menu tersebut kemudian klik kanan dua kali.
3. Address Bar
Address Bar atau baris alamat adalah kotak teks yang dapat kita gunakan untuk menuliskan alamat website yang ingin kita kunjungi di jendela internet explorer.
Address bar dilengkapi sebuah tombol pada bagian ujung kanannya berupa panah arah ke bawah yang apabila di-klik akan menampilkan beberapa alamat website yang pernah Anda kunjungi.
4. Status Bar
Status bar terdapat pada bagian bawah jendela internet explorer yang menampilkan proses yang sedang terjadi pada saat browser memasuki sebuah halaman web.
5. Task Pane
Task pane adalah jendela kecil yang muncul dibagian kiri jendela browser apabila Anda meng-klik tombol Search, Favorites dan History. Bentuk tampilan task pane tersebut tergantung dari tombol yang Anda klik.

D. ISTILAH-ISTILAH PADA INTERNET
1. Intranet
Intranet adalah jaringan yang relatif lebih kecil yang biasanya dibangun dan dimiliki oleh sebuah organisasi untuk menghubungkan komputer-komputer yang ada di dalam organisasi tersebut.

2. Browser
Seperti dipaparkan di atas, browser atau web browser adalah program aplikasi yang digunakan untuk mengakses internet, seperti internet explorer dan nascape navigator.

3. HTML
HTML, singkatan dari Hyper Text Mark-up Language yaitu berupa kode-kode atau instruksi yang digunakan untuk membuat halaman web. Dengan demikian, setiap halaman pada website terdiri atas sebuah file HTML (.htm). Untuk menampilkan file HTML kita membutuhkan sebuah browser .

4. Server
Server adalah komputer induk yang memberi layanan kepada komputer lain yang disebut komputer client. Server berupaya untuk memberi atau memenuhi kebutuhan computer client.
Komputer server berfungsi sebagai penyedia berbagai dokumen web yang dapat digunakan atau diakses oleh komputer client.
5. Client
Komputer client atau sering disebut client adalah komputer yang tergabung dalam sistem jaringan yang dapat dilayani oleh server. Pada saat kita mengakses internet, komputer kita dapat disebut sebagai komputer client karena komputer kita menerima layanan dari komputer server milik website yang kita kunjungi.

6. Bandwidth (Kecepatan transfer data)
Bandwidth digunakan sebagai ukuran kemampuan sebuah jaringan dalam mentransfer data pada jangka waktu tertentu. Satuan data dinyatakan dengan byte dan biasanya dengan ukuran kiloByte (KB) atau megabyte (MB). Dengan demikian satuan bandwidth adalah megabyte per second (MBps) atau kilobyte per second (KBps). Contoh, suatu transfer data diketahui 100 KBps artinya kecepatan transfer data sebesar 100 kilobyte setiap detiknya.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar